Tuesday, July 16, 2013

Tantangan Berat: Sebuah Lagu Cinta


Satu Minggu sebelum libur panjang akhir semester ini, kami, satu Jurusan HI yang memilih Mandarin dan diajarkan oleh Laoshi Vera, harus menampilkan sebuah lagu secara individual dan dinyanyikan dalam bahasa Mandarin untuk mendapatkan nilai ujian akhir semester (UAS).

Ujian ini menurut gue cukup menantang. Untuk meraih A, kami harus mengucapkan setiap hanzi (huruf Mandarin) dengan intonasi yang benar. Buat lo yang belum tau, setiap kata dalam bahasa Mandari memilki intonasi naik, turun, datar, dan turun-naik *sorry kalau ini sedikit membingungkan, gue nggak tau istilah-istilahnya soalnya*.

Sebelum menyanyikan lagu yang kami pilih, masing-masing harus menceritakan makna lagu tersebut. Gue memilih lagu lawas yang sering diputar ketika Hari Raya Imlek (khususnya di daerah pecinan Kota Lama, Semarang), "Lao Shu Ai Da Mi" (Tikus Mencintai Beras).

Intinya, lagu ini tentang cinta. Tentang seorang perempuan yang jatuh cinta pada seorang lelaki. Awalnya, gue penasaran kenapa judulnya "Tikus Mencintai Beras", maksud gue, kayanya udah merupakan sebuah pengetahuan umum kalau tikus cintanya sama keju, bukan beras. Sampai sekarang sejujurnya gue masih penasaran. Anyways, ini liriknya:

Lao Shu Ai Da Mi 

Wo ting jian ni de sheng yin
(Jikalau aku mendengar suaramu)
You zhong te bie de gan jue
(Aku merasakan sebuah keistimewaan)
Rang wo, bu duan xiang, bu gan zai wang ji ni 
(Bila ku pikir, ku tak ingin melupakanmu)
Wo ji de you yi ge ren 
(Setiap hari ku ingat)
Yong yuan liu zai wo xin zhong
(Kau selalu ada dipikiranku)
Na pa zhi neng gou zhe yang de xiang ni
(Meskipun aku tahu semestinya tidak harus seperti ini)

Ru guo zhen de you yi tian
(Di waktu yang akan datang nanti)
Ai qing li xiang hui shi xian 
(Cinta ini akan menjadi nyata)
Wo hui jia bei nu li hao hao dui ni yong yuan bu gai bian
(Ku tak akan berubah, ku akan mencintaimu selamanya)
Bu guan lu you duo me yuan
(Aku tak peduli betapa bodohnya ini)
Yi ding hui rang ta shi xian 
(Aku ingin mimpi ini menjadi nyata)
Wo hui qin qin zai ni er bian dui ni shuo (dui ni shuo)
(Aku ingin mengatakan sesuatu, dan aku ingin kau tahu, (aku ingin kau tau).....

Wo ai ni ai zhe ni
(Aku mencintaimu)
Jiu xiang lao shu ai da mi
(Seperti tikus mencintai beras)
Bu guan you duo shao feng yu wo dou hui yiran pei zhe ni
(Walau badai akan menyerang kita, aku akan selalu disampingmu) 
Wo xiang ni xiang zhe ni
(Aku kangen kamu)
Bu guan you duo me de ku
(Aku tak peduli betapa susahnya ini)
Zhi yao neng rang ni kai xin wo shenme dou yuan yi... zhe yang ai ni (
Aku hanya ingin kau bahagia, semuanya aku lakukan untukmu)

No comments:

Post a Comment