Wednesday, July 17, 2013

15 Maret 2013


Ada apa dengan 15 Maret 2013? Let's cut to the chase, I really missed MSN Online Messenger! Sangat disayangkan, cuma sedikit yang menggunakan sosmed ini sekarang.

Setelah bertahun-tahun berkomunikasi sama teman-teman gue lewat Twitter, Skype, Facebook, dan sebagainya, gue pernah iseng membuka akun chat MSN gue. Diantara ratusan teman gue yang dulunya online dari waktu ke waktu, sekarang none. Mereka semua beralih ke sosmed yang udah gue sebutin sebelumnya.

Gue paham kalau semuanya, nggak cuma dalam kisah percintaan, tapi teknologi juga, harus move on dan live on. Tapi tetap aja, kadang kala gue kangen masa-masa muda gue dulu. SMA: Pulang sekolah, nongkrong bentar, kemudian OL (sebutan "online" mereka dulu).

Terkadang gue sedih kalau harus menerima fakta dimana kita semua secara nggak langsung dipaksa untuk menggunakan sosmed yang lebih up-to-date.

Hampir setiap pulang sekolah gue selalu OL. Kalaupun ada PR atau janji-janji yang harus gue tepatin setelah gue sampai dirumah, gue selalu menyempatkan OL. Buat lo yang lagi bernostalgia seperti ini, pasti pernah mendengar teman-teman lo bilang:

"Eh, entar malam lo OL nggak?", atau
"...gue jelasin pas lo OL aja deh."

Dan kerap istilah OL itu mengartikan "online via MSN". Bukan Twitter, dan juga bukan Facebook (dua sosmed yang masih membumi hingga saat ini).

MSN sangat bersejarah dalam hidup gue. Nggak penting banget, emang. Tapi kalau udah yang namanya sejarah, it should never be forgotten.

MSN adalah sosmed pertama yang gue aplikasikan dalam lingkup dunia sosial, berbarengan dengan Myspace, sewaktu masih di Vienna. To talk about homeworks, we do it on MSN. To plan a vacation, MSN. Playing Tic-Tac-Toe, MSN! Sepertinya jaman itu adalah saat @hotmail, @live, dan @rocketmail laris banget di kalangan muda.

Gue yakin, anak-anak muda yang udah bertahun-tahun menggunakan hotmail, live, atau rocketmail untuk mengakses e-mail mereka, pasti pernah chatting via MSN. Suksesnya perusahaan chatting ini, orang-orang sampai membuat akun hotmail dan sebagainya hanya untuk chatting via MSN.

MSN itu mirip banget sama Yahoo Messenger (YM), hanya saja YM bertahan lebih lama. MSN Online Messenger resmi ditutup oleh perusahaan Microsoft pada 15 Maret 2013 karena kalah bersaing dengan sosmed lainnya. Sedih.

No comments:

Post a Comment